• 123

Selamat Datang di Website SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP

NPSN : 20300508

Jl. Let.Jend Suprapto No. 63 Cilacap


info@smpmuh1clp.sch.id

TLP : 0282533748


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 63970
Pengunjung : 16555
Hari ini : 19
Hits hari ini : 31
Member Online : 0
IP : 54.196.208.187
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Sosialisasi Pembuatan Pupuk Kompos oleh Dewan Guru SMP Muhammadiyah 1 Cilacap




Pupuk kompos adalah sesuatu yang tidak asing di telinga kita. Ya, pupuk kompos merupakan pupuk organik yang dibuat dengan proses pembusukan sisa-sisa bahan organik, baik limbah tanaman maupun hewan yang diolah dengan melakukan fermentasi terlebih dahulu. Pupuk kompos sangat bagus untuk tanaman karena banyak memiliki kandungan unsur hara.

Siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Cilacap didampingi oleh Bapak dan Ibu Guru membuat pupuk kompos sederhana. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Januari 2018 di halaman SMP bagian selatan. Berikut ini adalah tips praktis cara membuat pupuk kompos dari sampah organik.

Ada dua jenis bahan baku pupuk kompos, yaitu sampah coklat dan sampah hijau. Untuk proses pembuatan dan hasil yang efektif dalam pembuatan pupuk kompos perbandingan penggunaan antara sampah coklat dengan sampah hijau adalah  3:1.  Sebab, bila hanya menggunakan sampah coklat saja maka proses pembuatan pupuk kompos akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pada saat mengumpulkan sampah/limbah rumah tangga untuk bahan baku pembuatan pupuk kompos benda-benda yang perlu dipisahkan di antaranya:

  1. Daging, tulang ikan, kulit udang, tulang ayam, susu, keju, dan lemak/minyak. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari munculnya serangga seperti lalat yang akan menyebabkan munculnya belatung pada proses pengomposan.
  2. Kotoran anjing dan kotoran kucing. benda ini dapat membawa penyakit.
  3. Tanaman gulma yang berhama atau terkena penyakit karena hama akan masih terkandung dalam kompos.

 

Langkah-langkah membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga

  1. Berikut ini cara membuat pupuk kompos sederhana step by step:
    Langkah pertama siapkan bahan baku dan peralatannya.
    Bahan baku : sampah limbah rumah tangga yang sudah anda sortir, sampah coklat, sampah hijau, tanah.
    Alat : Bak atau drum plastik besar, karung goni, paving block.
    Bahan tambahan : EM4 
  2. Langkah kedua campurkan satu bagian sampah hijau dengan satu bagian sampah coklat ke dalam bak atau drum plastik besar yang di bawahnya telah ditutupi dengan tanah dan diberi lubang sebagai jalan mengeluarkan kelebihan air.
  3. Berikutnya tambahkan satu lapisan tanah pada bagian atas dan biarkan mikroba aktif dalam tanah bekerja mengolah sampah menjadi pupuk kompos.
  4. Ulangi proses kedua dan ketiga untuk lapisan berikutnya hingga bahan baku sampah dan tanah habis. Kemudian tutup drum dengan karung goni. 
  5. Setelah satu minggu, buka dan aduk pupuk kompos tersebut, kemudian tutup kembali dan lakukan proses tersebut setiap seminggu sekali.
  6. Untuk mempercepat proses pengomposan, anda dapat menambahkan bio-activator berupa larutan effective microorganism (EM4) yang dapat anda beli di toko pertanian.
  7. Setelah kurang lebih 1 bulan, cek akhir pupuk kompos. Jika campuran pupuk sudah berwarna kehitaman dan tidak berbau sampah lagi, berarti proses pengomposan telah selesai dan tidak ada masalah.
  8. Langkah terakhir adalah memisahkan bagian yang kasar dengan ayakan, ambil yang halus. Pupuk kompos yang kasar dapat dicampurkan kembali ke dalam bak pengomposan sebagai activator.

Demikian praktik pembuatan pupuk kompos sederhana yang dilakukan oleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Cilacap yang didampingi oleh Bapak dan Ibu Guru. Apabila kalian tertarik, silakan mencobanya di rumah. Selamat mencoba! (Annisa)



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas