SOP LAYANAN PENGADUAN
SMP MUHAMMADIYAH 1 CILACAP Jl. Let. Jend. Suprapto No.63 Cilacap Telp. 0282-533748 email : smpmutucilacap@gmail.com Website: www.smpmuh1clp.sch.id |
Nomor SOP |
886.1/KEP/IV.4.AU/F/2022 |
Tanggal Pembuatan |
12 Juli 2021 |
|
Tanggal Revisi |
00 |
|
Tanggal Efektif |
2 Agustus 2021 |
|
Disahkan Oleh |
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Cilacap |
|
Nama SOP |
PENGADUAN ORANGTUA/MASYARAKAT |
|
Dasar Hukum |
Kualifikasi Pelaksana |
|
1. UU No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. PP No. 19 Th. 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional (SNP) 3. Permendikbud No. 50 Th. 2014 tentang Kurikulum 3013 Sekolah Menengah Pertama 4. Permendikbud No. 23 Th. 2016 tentang Standar Pengaduan orangtua/masyarakat Pendidikan 5. Permendikbud No. 3 Th 2017 tentang Pengaduan orangtua/masyarakat Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Pengaduan orangtua/masyarakat Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan 6. Permendikbud No. 22 Th 2016 tentang Standar Proses
|
1. Menguasai komunikasi yang baik dengan berbagai pihak. |
|
Keterkaitan |
Peralatan/Perlengkapan |
|
1. SOP Pelayanan Eksternal |
1. Komputer 2. Printer 3. ATK 4. LCD 5. Jaringan internet dan kelengkapannya |
|
Peringatan |
Pencatatan dan Pendataan |
|
1. Bila pengaduan orangtua/masyarakat tidak segera direspon, maka akan menimbulkan kekecewaan dan menurunkan kepercayaan orangtua/masyarakat |
1. Catatan layanan pengaduan orangtua |
ALUR PENGADUAN ORANG TUA/MASYARAKAT
NO |
KEGIATAN |
|
PELAKSANA |
|
|
|
|
MUTU BARU |
|
Keterangan |
|||||
. |
|
Kepala Sekolah |
|
Urusan Humas |
|
|
|
Wali Kelas |
|
|
Guru |
Kelengkapan |
Waktu |
Output |
|
1. |
Menerbitkan SK Wali Kelas |
Mulai |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Notulen |
1 hari |
SK Pembagian tugas |
|
2. |
Melakukan rapat koordinasi dan membuat ketentuan ketentuan Pengaduan orangtua/ masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Materi Pengaduan orangtua/ masyarakat |
1 minggu |
Konsep dokumen Pengaduan orangtua/ masyarakat |
|
3. |
Memproses konsep kelengkapan administrasi dan dokumen Pengaduan orangtua/ masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dokumen Pengaduan orangtua/mas yarakat |
1 minggu |
Dokumen Pengaduan orangtua/ masyarakat |
Urusan Humas Walikelas |
4. |
Menyiapkan kelengkapan Pengaduan orangtua/ masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Format kelengkapan Pengaduan orangtua/mas yarakat |
1 minggu |
Kelengkapan Pengaduan orangtua/ masyarakat |
Urusan Humas Walikelas |
5. |
Wali kelas/guru/ tendik menerima Pengaduan orangtua/ masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penerimaan Pengaduan orangtua/mas yarakat |
1 minggu |
|
Pendataan penerimaan Pengaduan orangtua/ masyarakat |
6. |
Wali kelas/guru/ tendik melaksanakan analisis Pengaduan orangtua/masyar akat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 minggu |
Dokumen Pengaduan orangtua/ masyarakat |
Walikelas, guru, tendik |
7 |
Mendata dan merekap Pengaduan orangtua/ masyarakat, baik offline maupun online |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rekap Pengaduan orangtua/ masyarakat |
1 hari |
Rekap Pengaduan orangtua/ masyarakat, |
Walikelas, guru, tendik |
8 |
Humas menerima Pengaduan orangtua/ masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dokumen Pengaduan orangtua/ masyarakat, dll |
1 pekan |
Dokumen Pengaduan orangtua/ masyarakat |
humas |
|
untuk diteruskan kepada kepala sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
dll yang telah diisi. |
|
9 |
Kepala sekolah mengamati rekap data dokumen Pengaduan orangtua/ masyarakat |
|
|
|
|
|
Dokumen Pengaduan orangtua/ masyarakat |
30 Menit |
Dokumen Pengaduan orangtua/ masyarakat |
Kepala Sekolah |
|
||||||||||
10 |
Kepala Sekolah memberi disposisi untuk segera memberi respon terhadap Pengaduan orangtua/ masyarakat |
Selesa |
|
|
|
Respon teerhadap pengaduan orangtua/ masyarakat |
30 Menit |
Dokumen respon Pengaduan orangtua/ masyarakat yang disahkan |
Pengaduan orangtua/ masyarakat terlayani |
Ditetapkan di : Cilacap
Pada tanggal : 2 Maret 2022
Kepala Sekolah
Wartono, S.Pd.,M.Pd.
NBM. 1 033 896
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
PENGADUAN
https://docs.google.com/document/d/1x-xT6fWvika-yrpuacYsnnO1M7qdwF3n/edit?usp=sharing&ouid=100722445592842706388&rtpof=true&sd=true
PENGADUAN
https://docs.google.com/document/d/1x-xT6fWvika-yrpuacYsnnO1M7qdwF3n/edit?usp=sharing&ouid=100722445592842706388&rtpof=true&sd=true
LAYANAN PENGADUAN
Layanan Pengaduan adalah layanan penyampaian keluhan oleh masyarakat kepada sekolah atas pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan, atau pengabaian kewajiban dan/atau pelangg
SK KEPALA SEKOLAH
https://docs.google.com/document/d/1x-xT6fWvika-yrpuacYsnnO1M7qdwF3n/edit?usp=sharing&ouid=100722445592842706388&rtpof=true&sd=true
LAYANAN SATGAS COVID 19
Selain harus bersiap untuk mencegah penularan covid 19, sekolah juga harus bersiap diri untuk menangani adanya penularannya di sekolah, sehingga tidak bingung dan menangani dengan serab